Rumput Laut Favourit Masyarakat Jepang

Rumput laut atau seaweed merupakan salah makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Jepang. Mulai dari dikonsumsi secara langsung sebagai lauk atau digunakan untuk membuat kaldu (dashi). Rumput laut memiliki kandungan gizi yang tinggi terutama serat makanan (dietary fiber). Rumput laut tersebut diantaranya adalah Arame, Hijiki, Konbu (kelp), Mozuku, Nori, Ogonori, dan Wakame.



Wakame (ワカメわかめ若布和布)
Wakame adalah rumput laut dari species Undaria pinnatifidaWakame terdistribusi secara alami di perairan samudra pasifik dan sekitar Jepang. Meskipun dibiakkan secara sengaja di tempat lain termasuk Korea Selatan.
Nelayan Jepang dan Korea telah berabad-abad membudidayakan wakame. Wakame tumbuh liar di Tasmania, Australia dan di Selat Foveaux di Southland, Selandia Baru. Wakame juga telah dibudidayakan di Prancis sejak 1983.
Wakame memiliki rasa yang manis.  Di Jepang, Wakame biasanya disajikan dalam sum (miso soup) dan salad (tofu salad).
Wakame adalah sumber asam lemak eicosapentaenoat, asam lemak. Wakame juga memiliki kandungan natrium, kalsium, yodium, tiamin, dan niasin yang tinggi.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Hokkaido University menyatakan bahwa Wakame mengandung Fucoxanthine yang dapat membantu membakar lemak.


Nori (海苔)
Nori adalah jenis rumput laut dari species red algae genus Pyropia, termasuk Pyropia yezeensis dan Pyropia tenera. Nori pada umumnya berbentuk lembaran kertas berwarna hijau/hijau tua/hitam.  Pada umumnya digunakan sebagai penutup sushi/onigiri maupun dimakan secara langsung.
Ada 5 jenis nori tergantung tujuan pemekaiannya:
1. Yakinori (焼き海苔)
Yaki berate panggang dan nori berarti rumput laut, jadi yakinori berarti rumput laut panggang.  Yakinori biasanya digunakan sebagai sushi, onigiri dan juga sebagai topping ramen.  Yakinori memiliki ketebalan yang sedikit tebal dari nori biasanya.  Ukurannya pun beragam daari mulai kecil, sedang, dan besar
2. Ajitsukenori(味付け海苔)dan Okazunori(おかず海苔)  
Ajistukenori berarti nori yang dibumbui dan okazunori berarti lauk pauk nori. Nori ini memiliki rasa karena dibumbui menggunakan garam, kecap asin, gula, dan mirin.  Nori ini mempunyai ukuran yang kecil dan biasa digunakan sebagai lauk pendamping nasi atau dapat juga dikonsumsi secara langsung
3. Mominori(揉み海苔) 
Mominori berarti menggosok rumput laut.  Nori ini dibuat dari ajutsuke nori yang dipotong-potong.  Nori ini biasa digunakan sebagai hiasan pada makanan Jepang
4. Kizaminori(刻み海苔)
Kizaminori berarti nori yang ringan.  Kizaminori hampir sama dengan mominori, perbedaanya terletak pada bentuknya tidak beraturan (ada besar ada yang kecil, ada yang panjang dan ada yang pendek)
5. Aonori(青海苔) 
Aonori berarti nori biru (di Jepang, kadang warna hijau disebut dengan warna biru). Nori ini berbentuk serbuk kasar dengan ukuran 2mm.  Nori ini biasa digunakan sebagai hiasan pada okonomiyaki atau takoyaki

Hijiki (ヒジキ, 鹿尾菜 or 羊栖菜)
Hijiki adalah rumput laut dari species Sargassum fusiforme, atau Hizikia fusiformis. Hijiki merupakan rumput laut yang berwarna hijau sampai coklat yang tumbuh secara liar di pantai berkarang sekitar Jepang, Korea, dan China. Pengolahan hijiki sangat sederhana, setelah dipanen, hijiki direbus dan dikeringkan.  Hijiki kering berwarna hitam. Hijiki kaya akan serat pangan dan mineral seperti kalsium, besi, dan magnesium.
Hijiki telah menjadi bagian dari diet orang Jepang selama selama berabad-abad.  Menurut cerita rakyat Jepang, Hijiki membantu meningkatkan kesehatan dan kecantikan, dan membuat rambut tebal, hitam, dan berkilau jika dkonsumsi secara rutin dalam jumlah kecil.
Untuk menyiapkan hijiki kering untuk memasak, pertama kali hijiki direndam dalam air, lalu dimasak dan dicampur dengan kecap dan gula.
Di Jepang , Hijiki biasanya dimakan dengan makanan lain seperti sayur atau ikan. Hijiki dapat ditambahkan ke makanan yang telah dikukus, direbus, direndam dalam saus kecap atau saus ikan, dimasak dengan minyak, atau ditambahkan ke sup. Hijiki bisa dicampur dengan nasi untuk sushi tidak digunakan sebagai bungkus untuk sushi.

Kombu (Kelp) (昆布)
Konbu adalah rumput laut dari family Laminaria.  Terdapat sekitar 18 species Laminaria, satu diantaranya adalah Laminaria japonica.
Konbu adalah sumber asam glutamate yang baik, asam amino yang bertanggung jawab  terhadap munculnya citarasa kelima “umami” (kata Jepang yang digunakan untuk asa dasar yang diidentifikasi tahun 1908).
Kombu mengandung iodine dalam jumlah yang tinggi.  Kombu juga sumber serat makanan.
Konbu dijual dalam bentuk kering (dashi konbu) atau acar konbu (su konbu) atau sebagai robekan konbu kering (oboro konbu, tororo konbu atau shiraga konbu).  Konbu bisa dimakan segar dengan sashimi. Tapi pada umumnya konbu digunakan untuk membuat air kaldu (Dashi).
Ada beberapa jenis kombu:
1. Shiokonbu
Shiokonbu berarti konbu asin (pickle) karena diberi garam dan digunakan sebagai campuran teh
2. Konbu Tsukudani
Konbu yang dimasak dengan shoyu, gula, jamur shiitake, matsutake, dan ikan teri
3. Nishin no konbu maki
Ikan hering yang dibungkus konbu dan dimasak dengan cara tsukudani
4. Permen konbu
Permen yang dibuat dari bahan utama konbu
5. Su konbu
Makanan ringan berbentuk potongan-potongan kecil yang diolah dengan gula dan penyedap rasa.

Arame (荒布)
Arame adalah rumput laut dari species Eisenia bicyclis atau Ecklonia bicyclis. Arame biasanya dijual dalam keadaan kering. Jika hendak digunakan cukup direndam dalam air.  Arame berupa untaian coklat tua, memiliki rasa ringan dan agak manis, serta tekstur yang kuat.Arame kaya kalsium, yodium, zat besi, magnesium, dan vitamin A.
Arame biasanya ditambahkan pada makanan pembuka, casserole, muffin, pilafs, sup, hidangan panggang, dan banyak jenis makanan lainnya.  Citarasanya yang ringan membuatnya mudah beradaptaasi dengan banyak kegunaan.

Mozukuモズク;水雲;藻付;海蘊;海雲)
Mozuku adalah rumput laut dari genus Cladosiphon, species Cladosiphon onamuranus.  Secara alami Mozuku ditemukan di Okinawa. Penggunaan Mozuku yang utama adalah sebagai makanan, dan sebagai sumber sulfat polisakarida yang disebut Fucoidan yang digunakan untuk treatment kanker dan supplement kesehatan.






Ogonori (小野ゴリ


Ogonori adalah jenis rumput laut dari species Gracilaria spp. Ogonori terdapat sepanjang pantai Jepang, Asia tenggara, Hawaii, dan Caribbean.  Onogori biasa dimakan dingin dan merupakan sumber agar pengental.















Gambar diambil dari Google.

Comments

Popular posts from this blog

Informasi Dibalik Indahnya Sebuah “Kemasan Beras Jepang”

Fermented Seasoning, meng"khas"kan masakan Jepang

Fermented Food ala Jepang dan Indonesia