Diet Sehat

Apakah makanan yang kita konsumsi pada pagi hari ketika breakfast, pada siang hari ketika lunch, dan pada malam hari ketika dinner merupakan diet yang sehat.  Diet maknanya bukan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, tapi diet merupakan pengaturan pola makan baik porsi, ukuran maupun kandungan gizinya untuk mempertahankan kesehatan.

Setiap negara memiliki makanan khas yang mencirikan dietnya. Di bawah ini ada beberapa diet pada breakfast dari berbagai negara.  Apakah diet ini merupakan diet yang sehat?  Apakah diet mencerminkan harapan hidup (life expectancy) suatu negara?  Meskipun bukan hanya diet yang menjadi tolok ukur tingginya life expectancy suatu negara, tapi diet merupakan salah satu faktor penting untuk mengukur life expectancy suatu negara.

Jepang

Indonesia

Inggris

Prancis

Italia

Spanyol

Amerika

Brazil

Hawaii

Arab

India

Korea

Berdasarkan data WHO 2015 yang dipublish pada Mei 2016, Jepang merupakan negara dengan life expectancy tertinggi di dunia, yaitu 83.7 tahun, disusul oleh Switzerland, 83.4 tahun (2); Singapura, 83,1 tahun (3); Australia dan Spanyol, 82.8 tahun (4); Iceland dan Italia, 82.7 tahun (6); Israel, 82.5 tahun (8), Swedia dan Prancis, 82.4 tahun (9); South Korea, 82.3 tahun (11).  Sedangkan Indonesia dengan life expectancy 67.1 tahun berada di urutan ke 120.

Diet Jepang dan diet mediteranian (diet Italia) dikenal dengan diet sehat dibandingkan dengan diet Barat yang dikonotasikan dengan diet Amerika.

Bersambung..........


Gambar diambil dari google picture.

Reference: 
Iwagaki Y, Sakamoto Y, Sugawara S, Mizowaki Y, Yamamoto K, Sugawara T, Kimura K, Tsuduki T. 2017. Identification of Characteristic Components and Foodstuffs in Healthy Japanese Diet and the Health Effects of a Diet with Increased Use Frequency of these Foodstuffs. Mol Nutr Food Res 61:1700430.

Mizowaki Y, Sugawara S, Yamamoto K, Sakamoto Y, Iwagaki Y, Kawakami Y, Igarashi M, Tsuduki T. 2017. Comparison of the Effects of the 1975 Japanese Diet and the Modern Mediterranean Diet on Lipid Metabolism in Mice. J Oleo Sci:66(5);507-519.




Comments

Popular posts from this blog

Informasi Dibalik Indahnya Sebuah “Kemasan Beras Jepang”

Fermented Seasoning, meng"khas"kan masakan Jepang

Fermented Food ala Jepang dan Indonesia