Seminar Lab

Seminar lab merupakan salah satu kegiatan rutin setiap minggu yang diadakan di lab Molecular Nutrition, Biosphere Science Faculty, Hiroshima university.  

Awalnya, ditentukan urutan tampil presentasi. Jika semester ganjil yang pertama tampil mahasiswa S3, maka semester genapnya mahasiswa S2.  Pada tahun berikutnya urutan tampil dibalik.  Karena jumlah mahasiswanya cukup banyak (kurang lebih 18 mahasiswa setiap semester) maka dalam 1 semester hanya 1 kali tampil.  Berdasarkan cerita teman di lab lain karena jumlah mahasiswanya sedikit maka dalam 1 semester bisa presentasi 3 - 4 kali.  Wooow amazing........

Selanjutnya, masing-masing mahasiswa mencari paper yang akan dipresentasikan. Pada umumnya paper yang dipilih adalah paper terbaru.  Setelah mendapatkan paper dimulailah perjuangan untuk memberikan presentasi terbaik.


Hal pertama adalah memahami sepenuhnya isi dari paper (seolah-olah kita yang melakukan penelitian). Setelah paham dilanjutkan membuat PPT-nya. Setelah itu siap diprint dan difotocopy. di Hiroshima Univ disediakan mesin fotocopy.  Jadi kita memfotocopy sendiri. Saya tidak pernah bisa melakukan fotocopy ini sendiri karena instruksinya dalam bahasa Jepang (lah iya lah...... di Jepang) dan melakukan fotocopy hanya ketika saat ini saja. Jadi pasti minta tolong sama teman yang paham.  Ampun deh........



Sebelum presentasi kita wajib menempel paper yang akan dipresentasikan di pintu dan jadwal presentasi agar semua warga lab tahu. Oh..... iya sebelumnya kita pesan ruang untuk presentasi ke bagian administrasi.



Tibalah hari presentasi.  Acara dipandu oleh teman yang minggu berikutnya akan presentasi.  Dimulailah presentasi dengan introduction.  Setelah itu ada sesi tanya jawab. Jika kita bisa menjawab dan menjelaskan pertanyaan sensei dan teman-teman maka presentasi dilanjutkan. Tapi jika tidak bisa maka presentasi dihentikan.  Ada beberapa mahasiswa yang mengalami ini. Untungnya belum pernah, jangan sampai terjadi, malu.........



Waktu yang diperlukan untuk 1 kali presentasi bervariasi antara 1.5 sampai 2.5 jam.  Jika topiknya seru dan sensei merasa tertarik maka akan ada diskusi panjang.  Diskusi dilakukan dalam bahasa Jepang meskipun PPT dibuat dalam bahasa Inggris (gak bisa mengikuti, sedihnya.........). Pengecualian saya, PPT, presentasi, dan QA in English.



Sebelum saya bergabung dalam lab ini, mahasiswa membuat PPT dalam bahasa Jepang, karena mayoritas mahasiswa adalah mahasisiwa Jepang dan ada juga mahasiswa asing, tapi mereka bisa bahasa Jepang.  Datanglah saya di lab ini, maka Yanaka sensei (supervisor 2) berinisiatif untuk meminta semua mahasiswa membuat PPT dalam bahasa Inggris, demi saya........ (Arigatou sensei)




Kegiatan seminar lab ini bukan ajang menyerang,membantai atau apalah namanya seperti yang sering saya temui dulu di Indonesia.  Kegiatan seminar lab ini semata-mata merupakan ajang berbagi informasi keilmuan.  Sensei sebagai pembimbing memang benar-benar berperan sebagai pembimbing.  Kalau mahasiswanya ditanya dan tidak bisa menjawab, sensei akan mengarahkan sampai mahasiswa mampu menjawab dan menjelaskan. 

Semester ini seharusnya saya presentasi tanggal 6 Desember 2017, tapi berhubung direncanakan akan close defence tanggal 13 Desember 2017, maka saya minta tunda untuk presentasi di akhir semester. Kemudian teman saya, Yo san yang berasal dari China, mau presentasi menggantikannya. Terima kasih kawan. 





Comments

Popular posts from this blog

Informasi Dibalik Indahnya Sebuah “Kemasan Beras Jepang”

Fermented Seasoning, meng"khas"kan masakan Jepang

Fermented Food ala Jepang dan Indonesia