Kidal, Anugrah atau Bencana?

Menulis dan memegang sesuatu….. apakah itu sendok atau palu dengan tangan kiri apakah bencana atau anugrah?





Aku adalah kidal, sebutan untuk orang yang melakukan apapun menggunakan tangan kiri.  Waktu aku kuliah S1, seorang dosen pernah berkata bahwa aku akan cepat mati. Hmmm aku mendengarnya dengan tersenyum karena merasa diperhatikan oleh dosen tersebut.  Kemudian sang dosen menjelaskan alasannya, ternyata….. katanya karena semua peralatan diciptakan untuk orang tangan kanan dan sangat jarang untuk orang kidal. Oh itu toh alasannya…..makin tersenyumlah aku, Alhamdulillah….hanya karena itu bukan yang lain.

Mengapa aku sampai menggunakan tangan kiri? Ada ceritanya. Berdasarkan cerita ayah, dulu….. ketika ibu mengandungku dan kemudian melahirkanku, ari-ari ku diambil dengan tangan kiri, kemudian dikuburkan dengan tangan kiri. Ayahku mendapatkan cara ini dari temannya. Temannya bilang jika anakmu lahir dan kamu ingin anakmu melakukan apapun menggunakan tangan kiri, maka lakukanlah.  Ayahku tidak percaya, karena menurutnya itu takhayul, tapi tetap dilakukannya ketika aku lahir.  Akhirnya, ternyata aku memang kidal sampai sekarang.

Sebetulnya aku bisa menjadi tidak kidal jika saja ayahku tidak membiarkannya. Ketika masuk TK, guru sudah mengatakan bahwa aku kidal dan sebaiknya dibiasakan untuk menggunakan tangan kanan.  Eeeeeh bukannya menyetujui, malah ayahku bilang, biarkan saja bu, kan otaknya yang menjalankannya. Hmmmmm beginilah jadinya, kidal selamanya……….

Aku punya 2 sepupu, mereka semua kidal. Tapi akhirnya bisa menggunakan tangan kanan juga. Mereka berdua kuliah di FKIP dan fakultas mewajibkan mahasiswanya menggunakan tangan kanan untuk menulis. Akhirnya mereka bisa menulis dengan tangan kiri dan juga tangan kanan setelah berlatih, berlatih, dan berlatih. Bisa ternyata, jika dipaksa.

Aku dulu merasa menjadi kidal adalah anugrah, karena berbeda dari orang lain. Dan aku bisa menulis lebih bagus dari yang menggunakan tangan kanan. Ketika SMP, SMA, bahkan kuliah aku menjadi langganan guru dan dosen untuk menuliskan materi pelajaran atau kuliah di papan karena tulisanku bagus dan menggunakan tangan kiri. Sombonggggg….. gak lah..........

Tapi..... saat ini aku merasa bahwa kidal adalah bencana. Mengapa?
Karena kata ustadz kita harus menjalankan Islam secara kaffah, secara menyeluruh, termasuk makan. Jika makanan yang kita makan adalah makanan yang halal, membeli dengan uang halal, tapi memasukkannya dengan tangan kiri, maka makanan tersebut akan menjadi….. tidak berkah. Dan dikatakan juga jika makan menggunakan tangan kiri, maka temannya setan, karena setan makan dan minum dengan tangan kiri, takut……….

Untuk menggunakan tangan kanan ketika menyuapkan nasi sebetulnya tidak menjadi masalah ketika menggunakan tangan langsung. Yang menjadi masalah jika makan menggunakan sendok. Tangan ini secara otomatis akan mengambil sendok dengan tangan kiri, kemudian tanpa sadar mengambil nasi, lauk, sayur, dsb dengan tangan yang sendoknya di tangan kiri, dan…… menyuapkannya. Ini dilakukan secara reflex, karena otak yang memerintahkannya.  Jadi….. mulai sekarang, kalau mau makan menggunakan sendok harus dipikirkan dulu secara sadar bahwa tangan kanan yang harus mengambil sendok dan menyuapkannya.

Cerita ini mungkin penting gak penting bagi pembaca, tapi bagi aku ini penting sekali, karena sangat susah mengubah kebiasan yang sudah berpuluh tahun. Ala bisa karena biasa katanya. Gak dibiasain sih. Hmmmmm tidak ada yang harus disalahkan, apalagi menyalahkan orang tua, durhaka tahu...... Ampun..........Mari dicoba untuk membiasakan menggunakan tangan kanan jika makan. Hanya makan saja...... yang lain tidak, menulis tangan kiri, memukul tangan kiri, pegang sutil tangan kiri. Pokoknya semua dengan tangan kiri, kecuali makan pakai sendok. Ok deh tangan kiri is the best untuk semua kecuali makan. 

Untuk yang punya anak, ketika tahu bahwa anaknya punya kecenderungan menggunakan tangan kiri, maka cobalah untuk melatihnya menggunakan tangan kanan secara perlahan, jangan dengan paksaan. 

Ketika di Indonesia sangat jarang menemui orang menggunakan tangan kiri.
Tapi, di Jepang sering melihat orang menulis dengan tangan kiri. Bahkan di lab ku, dari 18 orang mahasiswa ada 4 orang yang menggunakan tangan kiri termasuk aku. Orang kidal di dunia hanya berkisar 10-12%. Wah termasuk orang special dong….. karena sedikit. Hari tangan kidal sedunia juga ada dan jatuh setiap tanggal13 Agustus.

Hidup orang kidal




Comments

Popular posts from this blog

Informasi Dibalik Indahnya Sebuah “Kemasan Beras Jepang”

Fermented Seasoning, meng"khas"kan masakan Jepang

Fermented Food ala Jepang dan Indonesia