Amankah Negaraku?

Keamanan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Orang akan bersekolah, bekerja atau melakukan aktivitas apapun akan merasa tenang dan nyaman. 

Apakah negaraku merupakan salah satu negara yang aman? Sepertinya belum. Banyak sekali tindakan kejahatan terjadi di negaraku, mulai dari pembegalan, penipuan, pencurian, perampokan, pembunuhan dan sebagainya.  


Apa yang menyebabkan hal ini? 
Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya tindakan kejahatan. Setidaknya ada 3 faktor penyebab terjadinya tindak kejahatan.
1. Pertentangan dan persaingan kebudayaan, seperti yang terjadi pada kerusuhan di Sampit antara orang Madura dan orang Kalimantan
2. Kepadatan dan komposisi penduduk. Seperti yang terjadi di kota Jakarta, karena kepadatan yang tinggi dan komposisi penduduk yang beragam, mengakibatkan meningkatnya daya saing, tingkat strees, dan lain sebagainya yang berpotensi mengakibatkan seseorang atau kelompok untuk berbuat tindakan kejahatan.
3. Tingkat penganguran yang tinggi. Tidak ada pekerjaan, tidak punya pendapatan, dan akhirnya tidak punya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (dikutip dari beberapa sumber).
Faktor ekonomi merupakan faktor penyumbang terbesar terjadinya tindakan kejahatan. Berdasarkan data BPS, pada bulan September 2016, jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan) di Indonesia mencapai 27.76 juta orang (10.70%).  Persentase penduduk miskin di daerah perkotaan pada Maret 2016 sebesar 7.73%, sedangkan persentase penduduk miskin di daerah pedesaan 13.96%. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak penduduk Indonesia yang kesulitan memenuhi kebutuhan primer yang secara tidak langsung bisa menyumbang kepada tingginya tingkat kejahatan di Indonesia.



Bagaimana dengan tingkat keamanan negara lain.  Setidaknya ada 7 negara di dunia yang dikategorikan sebagai negara teraman di dunia, diantaranya Jerman, Norwegia, Denmark, Islandia, Jepang, Luxemburg, Singapura (dikutip dari beberapa sumber).



Bicara mengenai Jepang aku punya pengalaman spesial tentang tingginya tingkat keamanan di Jepang.  Tapi sebelumnya kita lihat dulu mengapa Jepang menjadi salah satu negara aman di dunia. Inilah 10 point yang menjadikan Jepang negara aman (dikutip dari beberapa sumber).
1. Letak mesin ATM di Jepang berada di dalam sebuah bangunan atau di tempat yang selalu ramai sehingga memperkecil terjadinya tindak kejahatan.
2. Toko-toko atau kedai-kedai yang ada di Jepang biasanya dijaga lebih dari dua orang sehingga penjagaan toko dapat lebih waspada dan terkesan ramai.
3. Para petugas parkir di Jepang selain bertugas menjaga kendaraan yang diparkir, mereka juga turut mengamankan wilayah di sekitarnya.
4. Penjaga keamanan yang selalu bertindak cepat dalam menanggapi laporan dari setiap warga yang membutuhkan.
5. Tidak memperbolehkan warga sipil memiliki senjata api.
6. Memberikan sanksi tegas terhadap para pengemudi yang mabuk dan menyediakan layanan penyewaan Driver untuk mengantarkan pemilik kendaraan yang mabuk.
7. Para warga Jepang sangat membenci tentang hal yang berkaitan dengan narkotika atau obat-obatan terlarang sehingga sangat jarang terdapat kasus tentang narkotika di sana.
8. Banyaknya pos-pos kecil penjaga keamanan baik di sekitar jalan raya sampai di sekitar wilayah pemukiman.
9. Tempat-tempat usaha biasanya berada di kawasan yang ramai sehingga menghambat para perilaku kriminal untuk beraksi.
10. Membatasi para imigran yang datang yang bertujuan menjaga agar kebudayaan asli Jepang asing tidak tersingkirkan karena masuknya budaya asing.



Aku bisa mengatakan bahwa Jepang adalah negara yang aman berdasarkan pengalamanku.  Aku bekerja sebagai pengantar koran.  Aku ke rumah-rumah pelanggan koran di pagi hari, sekitar pukul 03.30 - 05.30.  Rumah di Jepang ada yang diberi pagar dan adapula yang tidak diberi pagar.  Kalaupun diberi pagar maka pagarnya ditutup tapi tidak dikunci, jadi kita dengan mudah bisa memasuki halaman rumah untuk meletakkan koran di kotak pos. Di halaman rumah para petani biasanya banyak terdapat barang-barang, seperti alat pertanian (traktor) dan hasil pertanian (padi) berkarung-karung. Semua ini hanya diletakkan begitu saja di halaman tanpa khawatir akan dicuri.

Bisakah negaraku menjadi negara yang aman. Jawabku bisa. Asal semua warganya bisa memenuhi kebutuhan hidup maka dia tidak akan memikirkan barang orang lain menjadi barang miliknya.  Mungkin saat ini ada slogan yang cukup menyentuh “barangmu barangku, jika kau tidak bisa mengamankan barangmu, maka aku akan amankan”. Kesejahteraan adalahkunci utama dari keamanan suatu negara.









Comments

Popular posts from this blog

Informasi Dibalik Indahnya Sebuah “Kemasan Beras Jepang”

Fermented Seasoning, meng"khas"kan masakan Jepang

Fermented Food ala Jepang dan Indonesia